Cheongsam Tepat, Tentukan Banyaknya Mata yang Memandang

Fit & Charming / 20 January 2012

Kalangan Sendiri

Cheongsam Tepat, Tentukan Banyaknya Mata yang Memandang

Lois Official Writer
5429

Menjelang Tahun Baru China atau Imlek, mari bergaya dengan cheongsam. Busana alas China ini amat menarik untuk dikenakan pada acara spesial. Di masa lampau, cheongsom (atau qipao) merupakan kostum yang dikenakan wanita kelas atas pada acara spesial. Cheongsam kini mempunyai banyak variasi.

Menyesuaikan Bentuk Tubuh

Beberapa ciri khas utama cheongsam adalah potongan leher yang tinggi dan tertutup, bentuk pinggang yang pas badan, belahan rok, dan bentuk kancing yang unik. Ketahui beberapa hal ini sebelum memutuskan untuk membeli cheongsam.

Untuk orang yang cukup tinggi, cheongsam panjang semata kaki bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk yang bertubuh mungil, cheongsam selutut merupakan pilihan tepat. Cheongsam selalu dilengkapi dengan belahan rok untuk memudahkan gerak si pengguna. Belahan depan atau belakang bisa digunakan untuk si pemilik kaki ramping. Untuk kaki yang lebih berisi, pilihlah belahan kecil di samping pada dua sisi.

Selain itu, kerah merupakan elemen penting yang harus diperhatikan. Desain tradisional cheongsam memiliki kerah yang tinggi dan tertutup. Garis kerah pada cheongsam biasanya memanjang terus sampai ke dada untuk membuat leher terkesan lebih menawan. Bentuk kerah seperti ini cocok untuk si leher jenjang. Untuk yang memiliki leher lebih pendek sebaiknya pilih cheongsam dengan kerah rendah atau tanpa kerah dengan model kerah V pada bagian depan leher.

Warna

Umumnya cheongsam berwarna merah, karena menurut kepercayaan China, warna merah merupakan simbol keberuntungan dan kesejahteraan. Namun, secara umum warna cerah biasanya digunakan oleh wanita muda sedangkan warna-warna gelap umumnya digunakan oleh wanita yang lebih tua. Untuk Anda yang memiliki tubuh berisi, hindari warna-warna terang. Begitu juga sebaliknya.

Motif

Ternyata masing-masing motif memiliki arti tersendiri. Bunga peony sebagai lambang kesejahteraan dan kemakmuran kerap menjadi hiasan motif cheongsam. Selain itu, ada juga motif bunga lotus yang menggambarkan kecantikan, naga yang menggambarkan kekuatan, dan ikan yang menggambarkan keberuntungan.

Bahan

Untuk acara resmi, bahan yang digunakan umumnya sutra, satin, atau brokat. Bahan-bahan tersebut membuat penampilan cheongsam terlihat lebih mewah dan menawan. Untuk kesempatan lebih santai, bahan katun dan satin sering menjadi pilihan. Bagi yang bertubuh ramping, bahan sutra dan brokat cocok dipakai. Satin dan katun aman digunakan oleh semua bentuk tubuh sebab mudah dibentuk mengikuti bentuk tubuh.

Cheongsam yang tepat dapat membuat semua mata memandang kagum kepada Anda. Kiranya di tahun baru China kali ini, Anda dapat tampil menawan dengan baju cheongsam yang sudah Anda pilih.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami